Uncategorized

BUPATI PONOROGO PIMPIN RAPAT PEMEKARAN DESA

Hari ini, Jum’at 12 Januari 2024, Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, SE MM memimpin rapat koordinasi pemekaran desa di Kabupaten Ponorogo.

Acara yang digelar di Ruang Rapat Bantarangin tersebut dihadiri Tim Pemekaran Desa Kabupaten Ponorogo, Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD Desa yang mengajukan pemekaran Desa.

Desa yang mengajukan pemekaran Desa mulai berproses dari 2 (dua) tahun kemarin yaitu :

  1. Desa Slahung Kecamatan Slahung
  2. Desa Ngrayun Kecamatan Ngrayun
  3. Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun
  4. Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun
  5. Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun

Rapat yang dipimpin oleh Bupati Ponorogo hari ini membawa kabar gembira bahwa pengajuan kode register desa persiapan ke Gubernur Jawa Timur telah disetujui. Gubernur telah memberikan kode register kepada semua (lima desa) yang mengajukan pemekaran dari Kabupaten Ponorogo, karena semua persyaratan telah terpenuhi.

Pemberian kode register desa persiapan ini merupakan tonggak awal pemekaran desa, karena proses selanjutnya adalah penentu keberhasilan pemekaran desa.

Tahapan setelah terbitnya kode register desa persiapan adalah Bupati mengangkat Pj Kepala Desa Persiapan dari unsur PNS berdasarkan usulan Camat.

Berhasil tidaknya Desa Persiapan naik kelas menjadi Desa Definitif ditentukan pemenuhan indikator persyaratan pembentukan Desa baru. Hal ini membutuhkan kerja keras dari Pj Kepala Desa Persiapan, Kepala Desa Induk, Pemerintah Kecamatan serta membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Bupati Ponorogo.

” Butuh komitmen, konsistensi dan semangat lima desa pemekaran ” tegas Kang Bupati Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *