Uncategorized

3 TAHUN PENGABDIAN…

Hari ini bertepatan dengan Ulang Tahun ke 53 Kang Bupati Sugiri Sancoko, bertepatan pula dengan 3 Tahun masa pengabdian pasangan Kang Giri – Bunda Lisdyarita.

Berbagai pencapaian kesuksesan Kang Bupati dalam menakhodai Ponorogo, memberikan suntikan semangat kepada Dinas PMD untuk memacu diri bekerja semakin baik. Sederet prestasi Dinas PMD kiranya layak dipersembahkan untuk kado 3 tahun Pemerintahan Bupati Ponorogo kali ini diantaranya :

  1. Sebanyak 3 (tiga) Desa di Kabupaten Ponorogo menerima penghargaan sebagai Desa “Prospektif Good Governance” dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur. Ketiga Desa tersebut adalah :
    1. Desa Bedikulon Kecamatan Bungkal
    2. Desa Mojopitu Kecamatan Slahung
    3. Desa Glinggang Kecamatan Sampung
    Desa yang meraih penghargaan Prospektif Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa 2023 sebagai peringkat III, merupakan bukti nyata transparansi, akuntabilitas dan partisipasi dalam pembangunan dan pengelolaan keuangan. 
  2. Tercapainya target Pemkab Ponorogo menjadi salah satu Pemda yang berhasil menjadi “TOP FIVE” di Kementerian Keuangan RI dalam Penyaluran Dana Desa Tahun anggaran 2024.
    Pemerintah Kabupaten Ponorogo masuk dalam 4 besar Penyaluran DD dari Pemerintah Pusat kepada Desa.  Alokasi DD yg dialokasikan sebesar  71 T disalurkan pertama kali pada tanggal 8 Januari 2024 oleh Pemkab Madiun, Pemkab Ponorogo, Pemkab Magetan dan Pemkab Hulu Sungai Utara. DD Tahap 1 di Kabupaten Ponorogo telah tersalurkan ke seluruh Desa di 281 desa Kabupaten Ponorogo sejumlah Rp. 231.200.812.000 pada tanggal 31 Januari 2024.
  3. Pemekaran Desa di 4 Desa di Kecamatan Ngrayun dan 1 Desa di Kecamatan Slahung telah sampai pada tahap penunjukan dan pelantikan Penjabat Kepala Desa Persiapan di Desa Persiapan Ngandel, Sambiganen, Galih, Pucak Mulyo dan Argo mulya. Pelantikan Penjabat Kepala Desa Persiapan dilaksanakan pada  hari Sabtu 3 Februari 2024 yaitu :
    1. Buyung Rahmad Paijo, S.IP sebagai Pj Kades Persiapan Galih
    2. Dedy Rubiantoro, SH, M.Si sebagai Pj Kades Persiapan Sambiganen
    3. Barni, sebagai Pj Kades Persiapan Ngandel
    4. Suyadi, SE, sebagai Pj Kades Persiapan Pucak Mulyo
    5. Taryono, S.Sos, sebagai Pj Kepala Desa Persiapan Argo Mulya
  4. Dalam memajukan perekonomian masyarakat desa, Dinas PMD telah melakukan berbagai upaya, diantaranya :
    • Memfasilitasi 1.300 UMKM, BUMDesa dalam memasarkan produk unggulan melalui ndalem oleh-oleh Gadung Melati, bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Ponorogo.
    • Memberikan pelatihan kepada 562 PKK Akademia untuk menjadi pendamping UMKM yang dapat menerbitkan NIB, PIRT dan Sertifikasi HALAL.
    • Menciptakan aplikasi GAME ONLINE ( Gadung Melati Online ) sebagai sarana fasilitasi UMKM dan BUMDesa yang telah tergabung di Gadung Melati, agar lebih mudah mendaftar, memantau produk-produk, dan mendapatkan laporan keuangan berkaitan dengan produk yang dijual di Gadung Melati secara realtime.
    • Memfasilitasi penerbitan 113 badan hukum BUMDesa

SELAMAT DAN SUKSES KANG GIRI – BUNDA LISDYARITA, SEMOGA SENANTIASA MEMBAWA KEBERKAHAN DAN DIBERIKAN KEMUDAHAN DALAM SETIAP URUSAN UNTUK MEWUJUDKAN PONOROGO HEBAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *