Uncategorized

MONITORING BANTUAN SOLAR DOME DARI KEMENTERIAN DESA

Jumat (05/01/2024), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui Bidang Penguatan Kelembagaan, Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Sosial Budaya yang dipimpin kabidnya, Sopan Nugroho, MM beserta jajaran melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) bantuan Solar Dome dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Bantuan yang nantinya akan dimanfaatkan BUM Desa – BUM Desa penghasil  hortikultura  dibangun di Desa Bedingin Kecamatan Sambit.

Daim Riyanto, selaku Direktur BUM Desa Berkah Manunggal Desa Bedingin menyampaikan, penggunaan teknologi pengeringan matahari (solar dome) dianggap sebagai solusi yang menjanjikan untuk masalah pengeringan. Tujuannya agar daya tahan produk hortikultura dapat terjaga lebih lama dengan kualitas yang baik.

“Karena, pada umumnya, petani maupun pelaku usaha pengolahan hasil hortikultura di Indonesia melakukan pengeringan masih mengandalkan sinar matahari. Meskipun metode ini murah, namun produk yang dikeringkan seringkali mengalami kerusakan besar yang disebabkan oleh hujan, serangga, burung dan jamur,” kata Daim.

Ia menjelaskan, Kementerian Desa PDTT memfasilitasi bangunan pengering solar dome kepada pelaku usaha yang selama ini masih menggunakan metode pengeringan tradisional, seperti pengeringan di lahan kosong, maupun di pinggir jalan dekat hunian petani. “Jadi, tujuan dari pemberian bantuan ini, supaya pelaku olahan hortikultura tidak lagi menghadapi tantangan kontaminasi dari debu, air hujan dan cahaya ultraviolet pada hasil olahan mereka,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *